4 CARA MEMBERIKAN KASIH SAYANG KEPADA ANAK

foto pribadi


Assallamu'alaikum

Apa kabar teman semua?

 semoga sehat selalu ya,hari ini saya menulis tema tentang kasih sayang,yang saya tulis pastinya tentang anak,yang saya alami 

CERITA ANAK

Saya ibu rumah tangga dengan dua orang anak,jarak usia kaka dan adik tidak terpaut jauh,dulu saat kaka nya usia 1,3tahun,eeeh perut sudah isi lagi janin, memasuki 12minggu atau 3 bulan,alhamdulillah sehat dan semua di lancarkan sampai melahirkan.
Sambutan dalam keluarga untuk anak kedua saya sungguh luar biasa,maklum cucu perempuan satu satunya dan cucu perempuan pertama dalam keluarga saya.

ADA KESULITAN DALAM MENGASUH?

Saat anak anak masih kecil,posisi saya masih bekerja di perusahaan swasta,cuti melahirkan pun hanya 3 bulan dan saya harus kembali kerja,sangat sulit menngatur waktu saat itu.Kaka masih balita,dan adik masih bayi 

Tapi ketika Allah katakan "kamu mampu"

alhamdulillah bisa teratasi semuanya,walau proses nya sangat melelahkan,saya harus bekerja berangkat jam 7 pagi,kaka masih rewel  jika ditinggal kerja,adik masih bayi dan menyusui,sebelum berangkat ke kantor harus pumping karena ingin mengASIhi total.
Saat awal  untuk adaptasi memang merepotkan,tapi lama lama jadi terbiasa dengan yang terjadi,di mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali sibuk
Menjadi orang tua memang harus bisa memberikan kasih sayang penuh untuk anak dan keluarga,walau saya bekerja saat itu,tapi peran saya untuk anak harus selalu siap.

TUMBUH BERSAMA

     Orang tua adalah orang yang pertama memberikan kasih sayang tulus kepada anak,dan orang tua yang pertama kali mengenalkan dunia kepada anak.
Penting bagi orang tua untuk terus memberikan dan mencurahkan kasih sayang nya kepada anak,bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan materi dan fisik saja tapi kebutuhan emosional anak juga sangat penting.

Dan kasih sayang yang utuh cukup bisa menjadikan anak memiliki tumbuh dan berkembang dengan baik
Dari kecil kaka dan adik memang kemana mana selalu bersama,teman kecil mereka bisa dihitung jari,jika kaka nya tidak ada,adik akan mencari,begitupun sebaliknya,jika adik tidak ada kaka akan mencari.
Tapi tidak jarang mereka ribut karena rebutan mainan,ingin makanan yang sama,bahkan ingin baju yang sama .Semua itu memang proses,memang sangat menjengkelkan ketika ribut kecil,tapi sebagai orang tua harus bisa mengesampingkan emosi,dan mengkondisikan keadaan dan memberikan pengertian yang baik

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menunjukan kasih sayang kepada anak

1. Memberikan dan menjaga  nutrisi yang baik untuk anak

Kita sebagai orang tua tentunya akan memberikan nutriisi untuk anak,dari mulai memikirkan makanan yang sehat untuk mereka,makanan yang bersih.

2. Mengajak bermain ,bercerita 

Mengajak anak bermain tentunya anak akan bahagia,apalagi saya bekerja waktu dengan anak sangat sedikit,jadi ketika dirumah saya habiskan waktu semaksimal untuk mengajak mereka bermain.

3. Belajar bersama

Melakukan hal hal yang belum mereka ketahui tentunya menjadi hal wajib bagi orang tua,dengan belajar bersama edukasi ini sangat menyenangkan untuk tumbuh kembang anak.

4. Dengarkan mereka

Ini bagian paling penting,mendengarkan anak bercerita ,bercerita kegiatan mereka,itu sebagai bukti kasih sayang dan perhatian kita sebagai orang tua.
Memberikan ruang menjadi pendengar yang baik bagi anak,adalah langkah awal untuk kepercayaan diri anak.Mari kita mulai dari sekarang memulai menjadi pendengar yang baik bagi anak.

      Melalui kegiatan positif inilah anak anak akan berproses, belajar mencintai dan peduli dengan penuh kasih sayang,dan sebaliknya kasih sayang yang kurang akan berdampak negatif bagi anak.
Semoga kita sebagai orang tua tidak lelah untuk terus memberikan kasih sayang kepada anak,dan tidak lelah mengajarka kebaikan kepada mereka.

Semangat

Salam

You Might Also Like

0 komentar