TIPS BELAJAR VOKAL UNTUK PEMULA

 
foto pribadi



                                          SENI MUSIC

     Seni adalah karya yang dibuat sesuai ungkapan atau gagasan yang memiliki nilai,seni terdiri dari seni lukis,seni music,seni sastra dan lain lain

SENI MUSIC
Seni music adalah suatu hasil karya seni dalam bentuk lagu atau komposisi music,yang mengungkapkan perasaan si pencipta,melalui music.


                             AWAL MENYUKAI MUSIC
     
      Tahun 1998 saat saya usia 15 tahun sangat tertarik ke dunia music,awal saya sangat suka,karena sering melihat kaka saya yang tiap hari latihan gitar bersama teman temannya,ada yang nyanyi,main drum,dan bass,dan saya setiap hari pulang sekolah mereka latihan,dan disitu saya mulai tertarik ,terkadang saya suka ingin ikut,tapi suka di larang,karena banyak anak laki laki.
Tanpa pikir panjang,saya ungkapkan ke kaka "boleh ikut latihan ga?"

jawab kaka "jangan cowo semua latihannya,tidak ada anak perempuan"

saya menjawab "tidak apa apa,saya pingin bisa" 

Setelah ngintil kaka kemana mana selama satu tahun,akhirnya saya ikut les vocal dengan dana seadanya hasil ngumpulin dari uang jajan,les nya pun tidak bertahan lama ,karena ga sanggup bayar di bulan berikutnya haha 
Maklum anak SMA yang cuma dapat bekal uang jajan 2rb per hari,kalau di jaman sekarang bisa dapat apa ya? hehhee
 
     Saya dan kaka sangat menyukai seni music,ketimbang seni lukis,dan darah seni music saya dan kaka sepertinya turunan dari bapa,jadi bapa saya dulu waktu mudanya adalah fans berat The beatles,dan michael jackson.Hampir setiap hari selalu memutar lagu dari artis tersebut.
Jadi bukan hal yang aneh,jika saya dan kaka  jadi suka music,sementara ibu yang menentang kami ,karena kami jadi jarang ada dirumah,katanya rumah menjadi sepi.

                             PENGALAMAN LES VOCAL

Les vocal yang singkat

      Bernyanyi adalah hal yang menyenangkan untuk saya saat itu,selain hobi terkadang sambil mencurahkan isi hati sendiri di buat dalam bentuk lagu asal nyanyi saja.Dulu belum ada youtube,belum ada smule,atau aplikasi sejenis ,dulu ada tontonan di televisi yang berjudul ALBUM MINGGU KITA,siaran yang ditunggu tunggu,siaran lagu lagu yang hits kala itu,dan untuk rekaman tahun 98 tidak memakai handphone,tapi saya gunakan paka tipe yang ada untuk merekam,untuk kasetnya pakai kaset bekas,tak heran Bapa sering marah karena kaset favorite nya saya ganti dengan suara suara rombengan dari mulut saya .
     Karena keinginan untuk makin berkembang semakin kencang,akhirnya saya daftar les vocal di jl.karapitan saya lupa nama tempat lesnya,tempatnya yang sangat susah di cari bahkan tidak ada papan nama,dan bayar untuk les nya waktu itu 150rb per bulan,dan bisa di cicil.

Wohaaaa senangnya bisa di cicil

Saya ambil jadwal setelah pulang sekolah,dan per minggu hanya 2x pertemuan,muridnya lumayan banyak setiap latihan ada 4orang dan kelas pemula di buka 4kelas
Karena konsen untuk latihan saya tidak punya kesempatan untuk kenal dengan teman baru,fokus latihan,selesai latihan langsung pulang

Apa saja yang di ajarkan?

Untuk kelas pemula kami di berikan tips menyanyi untuk pemula diantaranya

1. Mental
Jadi vocalis atau penyanyi atau sebagai pemain music harus punya mental kuat,kuat kalau di sorak orang banyak ya masa bodo,kuat saat di tepuk tanganin orang yang senyum,dan kuat menghadapi kalau kita di sorakin karena suara nya ga bagus hahaha ini yang bikin down ya,tapi memang gurunya keren memberikan nasehat yang tentunya suport untuk para pemula.

2. Latihan power
Hari kedua kami di ajarkan latihan power,atau kekuatan ,kekuatan suara kita bisa setinggi apa nadanya,di mulai dari nada rendah sampai yang melengking,dan berisik sekali.
Tekhnik ini saya belajar mengatur pernafasan perut ,jadi ketika mengambil suara tinggi bagian perut kita harus di tekan alami bukan di tekan tangan,untuk awal awal sih aga susah,tapi karena sering latihan tiap hari,akhirnya bisa. Dan pengaturan pernafasan ini sangat penting,karena suara seorang penyanyi/vokal itu bisa meliuk,mengambil nada tinggi atau nada rendah tergantung dari cara kita mengambil nafas saat bernyanyi,kalau tidak bisa maka akan pengap dan akhirnya nada sumbang hehe

3. Tidak boleh sembarangan makan

Untuk menjaga suara /vocal kita harus menjaga makanan yang kita konsumsi tidak bisa asal masuk ke dalam perut kita,untuk pemula dulu saya selama seminggu tidak boleh makan pedas,dan kurangi yang berminyak.
Memang saya rasakan ketika saya konsumsi yang berminyak tenggorokan berasa ga enak,seperti ada yang mengganjal di tulang tenggorok,apalagi konsumsi makan pedas,tenggorokan kering,otomatis untuk pengambilan nada rendah biasanya susah keluar .

4. Jenis suara
Jenis suara manusia memiliki karakteristik yang berbeda,ada yang suaranya serak serak basah,ada jenis  suaranya merdu,ada juga jenis suara yang unik seperti Gleen F (Alm)
Dan jenis suara ini yang menentukan rentang vokal yang tepat untuk kita,nanti kita akan masuk ke kategori mana.
Jenis suara tersebut adalah,Sopran,mezosopran,alto,konter tenor,tenor,bariton,bas.Karena les saya cuma satu bulan jadi tidak mendapatkan penjelasan lebih lanjut.
Kuncinya sering latihan dengan memakai nada kita akan menemukan jenis suara kita kategori apa.dan saya ter masuk jenis suara dada (Chest voice) suara yang dihasilkan pita suara dengan natural,jadi tidak perlu memaksakan agar mampu menyanyi di nada rendah.
     Kalau sekarang di handphone sudah ada aplikasi music,dan nada music,jadi kita bisa kapanpun belajar tentang music.

5. Penjiwaan
Sebagai seorang vokalis atau penyanyi kita harus mampu menjiwai lirik lagu,misal lagu sedih kita harus bisa mengungkapkan sedih,lagu bahagia kita harus bisa mengungkapkan ekspresi bahagia,dan penjiwaannya tidak boleh palsu harus real atau asli.
Supaya lagu yang kita bawakan itu benar benar mengena ke pendengar,dan dengan penjiwaan ini lagu yang di bawakan akan terasa enak di dengar.
Tips di atas semoga bermanfaat ya untuk kalian yang mau belajar vocal untuk pemula

Dan les vocal pun selesai saya hanya ikut satu bulan,karena saat itu dana nya tidak ada,sampai akhirnya saya sering latihan iseng bersama teman teman,di studio music biasa dan untuk dana kami patungan,harga sewa studi nya 1 jam 11rb rupiah,saya jadi bisa mengembangkan kegiatan favorite saya,dan secara natural jenis suara mengikuti music yang saya bawakan kalau menyanyi.
   Akhirnya saya sering nyanyi dari panggung ke panggung,ikut festival nyanyi,walau sering kalah haha,tetapi saya dapatkan pengalaman yang tidak bisa saya lupakan tentunya.Pengalaman seni music yang saya dapatkan secara otodidak ,dengan seringnya latihan nyanyi asal asalan bersama teman.



ini sedikit video iseng nyanyi setelah punya anak,yuk nyimak

Buat teman yang mau belajar tekhnik vokal, bisa memulai dengan tips di atas ya,semangat konsisten,semangat menggapai mimpi,dengan teruslah mengasah seni kalian.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya

salam








You Might Also Like

0 komentar