TIPS CARA SEDERHANA AGAR HIDUP BAHAGIA

 BAHAGIA ITU DATANG DARI DIRI SENDIRI


      Konon katanya bahagia itu tidak sederhana,hanya kita berusaha menyederhanakannya,sebagaimana apa yang sederhana untuk seseorang belum tentu sederhana untuk orang lain.
Ada yang bilang"makan sama garam tidak bahagia". Coba kita tanya sama pemulung di jalan,betapa rumitnya mencari makan,dan bisa makan dengan garam merupakan kebahagiaan mereka.
      Dimasa pandemic ini ,sesekali kita belajar memulai mensyukuri apa yang kita punya,bahagia terhadap apa yang sudah kita kerjakan,di mulai dari kita bangun tidur,sampai kita tidur malam hari.
Mari mulai saat bisa sarapan pagi,ucap syukur dan tentunya rasa syukur ini bentuk kebahagiaan .Sangat jarang sekali orang menganggap hal terkecil itu kebahagiaan,banyak yang mengukur kebahagiaan itu dengan nilai uang,misal di saku ada uang 100rb,bahagia. .....Itu salah!!
   

 Cara bahagia bisa di mulai dari hal terkecil bisa di lakukan di kegiatan sehari hari,contohnya
1. Di pagi hari kita bisa menyiram bunga,sambil menyanyi kecil 
2. Menyapu halaman,sambil sholawatan,luar biasa bukan.
3. Ajak bicara diri sendiri ketika mau melakukan sesuatu
4. Jika sedang mood coba tulis cerita kebahagian hari itu,misal hari ini pergi ke warung beli permen atau cerita lainnya
5. Yang sering terlewat adalah mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri,yuk di coba sebelum tidur,ucapkan terima kasih pada diri sendiri "hai diri terima kasih yaatas segala kegiatan yang sudah dilakukan hari ini"
6. Tersenyumlah


     Tahun 2020 bukan tahun yang mudah untuk kita semua,tapi tidak sulit juga bagi yang tidak merasakannya,banyak usaha yang tersendat bahkan gagal,tapi banyak juga bermunculan pengusaha pengusaha baru.Hal ini memang menjadi permasalahan yang rumit untuk siapapun,tapi jangan bilang hal ini tidak bikin bahagia ya teman,mungkin sang pencipta lagi ingin kita lebih dekat dengannya,atau mungkin juga kita harus keluar dari zona nyaman dengan mencari peluang baru.
    

CERITA BAHAGIA

     Di pertengahan tahun saya memulai usaha makanan,yang awalnya usaha bersama,teman saya yang buat,saya team marketing di sosial media,dan ditengah perjalanan teman saya berhenti karena dia ada usaha yang lain.
     Awalnya bingung padahal jualan makanan ini mendapatkan respon luar biasa,lalu teman berhenti,sedangkan saya sendiri tidak punya keahlian bikin makanan,masak pun hanya bisa oseng oseng dan masakan praktis lainnya. Tanpa pikir panjang,usaha tersebut saya lanjutkan dengan modal saya cari di youtube resep resep dari chef terkenal,dan saya juga follow akun akun masak yang resepnya bisa kita recook.
Alhamdulillah usaha tersebut berbuah hasil,saya sedikit sedikit jadi bisa melanjutkan usaha tersebut sampai sekarang.
Tentunya dengan penuh rasa bahagia saya menjalaninya,dan di kondisi pandemic ini berjalan lancar.


BERBAGI BAHAGIA



foto pribadi




         Setiap hari jumat,saya rutin kegiatan nasi berbagi ,berawal dari sisa uang jajan anak anak,saya belikan nasi kuning,lalu dibagikan ke pemulung,dan anak anak jalanan.Tidak banyak waktu itu paling saya membagikan 10bungkus, setiap jumat saya mendapatkan kebahagiaan tersendiri,dan saya juga ketemu orang orang yang membutuhkan nasi tersebut,bahkan selalu mendapatkan doa doa baik dari mereka.
Terkadang sedih karena tidak semua yang saya temui di jalan kebagian nasi bungkus tersebut,karena keterbatasan dana saya,akhirnya saya berpikir kenapa tidak mencoba share nasi berbagi ini ke grup yang ada di kontak handphone,untuk udunan nasi berbagi setiap jumat.

Lalu saya coba buat info saya share di grup

"Dear teman teman ,yang mau ikut nasi berbagi hari jumat yang saya bagikan ke pemulung,tukang becak,anak jalanan dan lainnya,minimal 6rb saja ya,untuk sedekahnya bebas,bisa hubungi saya terimakasih"

Selang beberapa jam suara handphone berbunyi suara chat masuk,dan sambutan dari teman di grup luar biasa,alhamdulillah satu persatu dana donasi masuk dan banyak.Saya pun bersemangat menyiapkan untuk nasi berbagi.
        Untuk area pembagian nasi bungkus saya bagi kan ke tiap wilayah yang berbeda yaitu ke cimahi,rajawali,pasteur,dago,kopo dan sekitarnya.Banyak sekali suka duka saat berbagi nasi,tidak semulus yang di rencanakan,terkadang kami kesulitan mencari orang orang yang sangat membutuhkan nasi tersebut,dan kadang pula ketemu banyak orang tetapi tidak cukup nasinya.
       Kegiatan nasi berbagi ini sudah berjalan sekitar 5 bulan,dan dana yang saya terima itu dari teman teman yang ada di kontak saya,tidak terasa jumat berbagi ini pun setiap minggu nya banyak,bahkan saya pun pernah kewalahan,maklum team kami hanya tiga orang untuk membagikannya,kami pun masih keliling biasa mencari orang orang yang sangat membutuhkannya.

             

 TEAM NASI BERBAGI

foto pribadi



      Salam kenal dari kami team nasi berbagi,saya ,teh dewi,dan teh ika,kami bertiga mengelilingi kota cimahi,bandung,dago,pasteur,dan kopo,kami juga sering berpisah di jalan dan akhirnya saling mencari satu sama lain,karena keterbatasan menghapal jalan di kota,hehhe
Kami membawa motor masing masing,yang di belakang kami ada tumpukan nasi untuk dibagikan ke yang membutuhkannya,bahagia rasanya setelah berbagi dan nasi habis kami menyempatkan foto di kota,setitik hiburan melepas rasa lelah berbagi dari pagi buta.
        Kegiatan rutin nasi berbagi jumat ini,tentu saja membuat saya bahagia,setiap jumat ada semangat baru,ketemu orang orang baru,kami keluar rumah tetap dengan mengikuti protokol kesehatan ya,memakai masker,saya pun pakai jaket dan sarung tangan,tidak lupa handsanitizer di tas,supaya penyebaran virus tidak semakin menyebar makin banyak dan bertambah yang positif.
        Saat berbagi nasi saya selalu mendapatkan hal baru setiap minggunya,saya jadi tau bagaimana mereka berjuang di jalanan mencari untuk makan,kadang saya terharu mendapatkan doa dari mereka yang menerima nasi berbagi dari kami.
Terkadang suka sedih melihat keadaan mereka,dan saya bersyukur dengan kondisi saya sekarang,masih bisa makan,pekerjaan dirumah bisa dikerjakan tanpa harus panas panasan.
Jadi bahagia itu kita yang menciptakan,dalam kondisi apapun yuk belajar memulai bahagia,tidak harus mengeluh,tapi selalu ucapkan rasa syukur dalam keadaan apapun.

Semua pasti bisa memulai dengan kata kata yang bahagia,karena kata bahagia bisa membuat hidup jadi lebih bersyukur.

Buat teman teman yang mau ikut berdonasi nasi berbagi,bisa kontak saya ya atau kalian bisa DM di IG @henyper

Salam


       


You Might Also Like

0 komentar