TEMPAT WISATA DI YOGJAKARTA

         TRAVELING MENANGKAL JENUHNYA RUTINITAS


    Sebelum punya usaha sendiri,dulu saya bekerja di perusahaan swasta ,saya bekerja dengan rutinitas yang padat kala itu,selain kerja saya juga mengurus anak anak,saat jenuh dan semangat kerja mulai memudar,saya selalu mengambil solusi yaitu traveling atau liburan.Saat itu traveling sangat diperlukan,karena saya dapat menikmati suasana baru walau hanya sejenak.
    Traveling pun kadang kerap menjadi pembuka peluang saya dalam menemuka hal hal baru,yah traveling sering saya anggap pengalihan suasana dimana kondisi suntuk,jenuh akan teralihkan dengan perjalanan ke suatu tempat.

YOGJAKARTA

Siapa yang tidak mengenal kota yogjakarta?

     Yogjakarta kota istimewa dimana sangat selalu berkesan dirindukan,dan adalah kota favorite saya ketika traveling,selain murah perjalananya,orang orang di sana pun ramah ramah,tidak mengalami kesulitan jika nyasar di kota tersebut,tempat wisata nya pun beragam,ada museum,candi,pantai,toko perbelanjaan,dan taman pintar yang tentunya semua tempat wisatanya murah.
     Seperti namanya daerah istimewa Yogjakata,kota ini menjadi sangat istimewa karena merupakan salah satu kota di Indonesia yang masih memiliki kerajaan dan di hormati dan di segani oleh penduduk yogjakarta.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk traveling ke yogjakarta

1. fisik yang kuat
Karena saya sangat suka sekali dengan kota yogjakarta,terkadang untuk menelusuri kota nya saya sering jalan kaki ,jika sudah sangat lelah sekali baru naik andong yang murah hehee,jadi fisik wajib kuat ya teman teman

2. Baju secukupnya
Ke yogja 3 hari sebetulnya tidak cukup,masih banyak tempat yang belum terexplor,perbekalan baju cukup bawa baju 2 stel saja,untuk jalan dan untuk tidur,karena saya yakin ketika kalian sampai di sana kalian akan tergiur dengan pakaian di sana dan pasti akan belanja,nah untuk meringankan dan space koper saat pulang,barang yang kita bawa tidak perlu terlalu banyak,karena yakin ketika pulang akan lebih banyak lagi.

3. Dana
Ini penting sekali ya teman teman,mempersiapkan anggaran untuk traveling kalian bisa menabung dari jauh jauh hari,kalau saya biasa menabung setiap minggu,masukin celengan sisa uang jajan anak anak.
Nah untuk perjalanan ke yogja biaya nya standar sih menurut saya,saya buat rincian di bawah ini:

a. Tiket kereta api
Saya beli tiket biasanya 2 bulan sebelumnya,tiket kereta nya kelas ekonomi,harga tiket waktu itu 50.000/orang waktu keberangkatan jum'at,kalau tiket hari biasa atau senin-kamis biasa lebih murah 10.000 an. Jadi pulang pergi 100rb 

b. Hotel kecil atau motel
Pilihan tempat untuk tidur di jogja banyak sekali pilihannya di mulai harga yang 50rb juga ada,tempat tidur single bed,mau hotel yang mahal juga ada .Karena saya terbiasa tidur yang sederhana jadi pilih hotel kecil yang per malam 75rb sudah dapat sarapan

c. Biaya untuk makan
Makanan di yogja juga beragam makanan yang enak enak dari yang termurah sampai termahal juga ada,kebiasaan saya kalau ke yogja selalu makan dengan nasi kucing,aaaah selain enak masakannya seperti dirumah sendiri harganya juga murah sekali per pack cuma 3rb saja dan dapat minum air teh hangat. Tinggal kalian kali kan saja makan per hari berapa kali ya

d. Sewa kendaraan untuk perjalanan jauh
Walau saya sangat suka jalan kaki,tapi tidak mungkin jarak jauh jalan kaki apalagi ke pantai jauh banget
Uang sewa motor per hari 50rb saja sudah di pinjami helm untuk berdua,dan hanya simpan identitas kita SIM/KTP juga boleh,terjangkau kan.

e. Biaya untuk belanja 
Saya buat budget untuk belanja,karena ini traveling singkat,budget belanja ga banyak,karena lebih banyak datang ke tempat tempat yang ga bikin jenuh.



Tempat wisata menarik di Yogjakarta

Yogjakarta memiliki  tempat wisata yang sangat menarik,dan kita tidak cukup kalau menginap hanya 2 hari saja,tidak akan terexplor semua.Ini beberapa tempat wisatanya adalah

1. Candi borobudur
Candi ini termasuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO dan termasuk ke dalam tujuh  keajaiban di dunia,dan selau menjadi tujuan para domestik yang menyukai candi ini,bahkan turis mancanegara sangat menyukainya.Candi ini aga jauh dari yogjakarta,tapi terkenalnya di yogjakarta,kita bisa foto foto ,dengan ada nta tangga tangga yang bikin keringatan ,pas sampai atas indah pemandangannya

2. Candi Prambanan
Candi lainnya yaitu prambanan,candi ini memiliki cerita kisah ramayana dan krishnayana,dan di candi ini sering sekali mengadakan pagelaran pertunjuka rama dan shinta,ditempat ini aga sejuk kalau menurut saya,dan jarak candi satu dengan yang lainnya berdekatan.

3. Pantai indrayanti
Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya pemandangan yang indah ,dan cukup populer serta fasilitas wilayah di sekitarnya pun cukup lengkap,dan pantai ini banyak menjadi tujuan wisatawan.Banyak penginapan murah juga di sini,warung warung banyak,tapi di sini sangat panas,wajib bawa sunblock ya,saking panasnya sampai pasirnya pun panas.

4. Malioboro
Jalan yang paling terkenal adalah jalan malioboro,di sepanjang jalan nya banyak sekali pedagang kaki lima yang menawarkan harga yang super miring,dan kita pun bisa menawarnya hehehe
tapi jangan sadis ya nawarnya teman teman.
Menjelang sore banyak pedagang lesehan makanan,dan pedagang lesehan ini menjadi khas dari Malioboro,pedagang makanan lesehan ini akan menggelar lesehannnya mulai jam 5 sore,dan di malam hari akan ramai sekali,suka ada pagelaran music gratis dari para pemuda yogjakarta,jangan lupa kalau menemukan talenta pelukis di sekitar malioboro kalian wajib di lukis ,harga nya murah dan hasilnya bagus,aneka macam nasi dan lauknya juga sangat banyak,dan menurut saya ini tempat mencari makan menjelang sore sambil ditemani alunan music gratis.

5. Pasar Bringharjo

Pasar tersebut adalah tempat souvenir dengan harga murah,saya biasa beli daster batik untuk ibu,dan baju batik untuk anak anak,kisaran harga minimal 20rb an,sampai harga di bawah 100rb,pembelian bisa ecer dan grosiran jauh lebih murah.
Belum lengkap rasanya kalau kita ke yogjakarta tidak singgah ke pasar tersebut,penjualnya yang ramah semua,dan lengkap,harga rakyat ,kalau di bandung itu seperti pasar baru bandung.

Tips menawar di bringharjo 

Jika kalian menawar di sini,kalian harus pakai bahasa jawa ,supaya harga bersahabat banget,nah waktu itu saya belajar dulu bahasa jawanya dalam jumlah uang ke teman,jadi saat menawar bisa pake bahasa jawa.

6. Pantai parangtritis

Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal,tempatnya dekat sekali dengan para nelayan,jalan menuju ke pantai ini,kita melewati tempat hasil tangkapan nelayan,jika mau kita bisa membeli ikan ikan tersebut dengan harga miring,bahkan bisa di makan sambil lihat pantai.Pasir nya hitam ya,membentang indah,dan ada kuda tunggangan,satu putaran 20rb ongkosnya,enak pas menjelang sore sambil menunggangi kuda,dan menunggu sunset.



foto pribadi'




7.The House of Raminten
Kenapa ini masuk ke tempat wisata di yogjakarta?
menurut saya yang ke yogjakarta wajib banget ke Raminten,ini adalah resto ga besar,tapi tempatnya nyaman banget,dan super antri,yang paling ngangenin,mba mba pramusajinya berpakainan kebaya lengkap,dan makanannya enak,super murah.
Yang bikin kangen itu makananya,ada sego ijo,nasi sego,dan lainnya,ga bikin kantong bolong loh makan dsini,tetapi harus sabar.

Tempat wisata di atas hanya beberapa yang sering saya kunjungi,masih banyak tempat wisata lain,seperti taman pintar,keraton yogjakarta,pabrik bakpia,dan lain lain.
Nah kalian sudah pernah berkunjung kemana saja?

Semoga cerita saya bisa mengobati rasa rindu teman semua yang ingin traveling,semoga bermanfaat













You Might Also Like

0 komentar